Universitas Terbuka “Prototype” Pembelajaran Jarak Jauh / eLearning di Indonesia

Universitas Terbuka Adalah “Prototype”
Pembelajaran Jarak Jauh / eLearning
Di Indonesia


Universitas Terbuka itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ?

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, diresmikan oleh Bapak Presiden ke-2 Republik Indonesia yaitu Bapak Soeharto,  berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. UT memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jenjang Diploma dan Sarjana. Sejak tahun 2004, UT membuka jenjang Magister pada Program Pascasarjana.



UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).



Sesuai dengan Visi & Misi UT, Pada tahun 2021 UT menjadi institusi PTTJJ berkualitas dunia dalam menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam mengembangkan teori dan praktek PTTJJ. Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.

Gimana, Tertantang Untuk Kuliah di UT ?


Sumber : 

1. ut.ac.id

2. Pameran Arsip dalam Rangkaian Kegiatan Memperingati Dies Natalis UT Ke-33
dengan tema "Arsip Bangkitkan Memori Sukses Tempo Doeloe Untuk Membangun Karakter Mandiri Bangsa" di Universitas Terbuka Pondok Cabe 24 Agustus 2017


#PokjarUTBatam