Perkembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi


PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI

Sistem operasi mengatur semua proses dari sistem komputer. Misalnya program aplikasi yang dibuat memerintahkan hasil dicetak di printer, maka proses yang melakukannya adalah operating sistem yang akan menghubungi printer untuk mencetak hasil tersebut.

1954, Sistem Operasi yang Pertama Kali

Sistem operasi (OS) pertama kali dikembangkan pada sekitar tahun 1954 di General Motor Research Laboratories untuk digunakan pada komputer IBM 701 kemudian pada tahun 1955 bekerja sama dengan North American Aviation menulis operating sistem untuk komputer IBM 704. OS yang dibuat antara tahun 1950 – 1960 terbatas penggunaannya yaitu hanya dapat digunakan untuk aplikasi pengolahan data secara sequential (urut) atau batch saja dan biasanya dirancang untuk satu komputer saja

1960, Sistem Operasi untuk Komputer Mini yang Pertama Kali

Pertama kali dikembangkan pada tahun 1960 bersamaan dengan diproduksinya komputer mini. Sebelum tahun ini OS digunakan untuk komputer besar (mainframe). Pada bulan April 1964, IBM meperkenalkan OS yang disebut dengan OS/360 untuk semua seri komputer System 360.

1969, UNIX

Pada tahun 1969, Ken Thompson dari Bell Laboratories menulis suatu OS yang disebut dengan UNIX yang diterapkan pada komputer PDP-7. Tahun 1973, UNIX dikembangkan dengan cara ditulis ulang dengan bahasa C sehingga merupakan OS pertama yang ditulis dengan high level language. UNIX pertama kali diterapkan di mini komputer dan mainframe komputer tetapi sekarang telah banyak digunakan di micro komputer.

1970, CP/M

CP/M (Control Program/Microprocessor) dibuat oleh perusahaan Digital Research. Pada tahun 1976 diperbaiki dan lebih ditingkatkan dengan nama CP/M-80 dan karena popularitasnya dianggap standar untuk komputer mikro. Versi lain dari OS ini adalah CP/M-86, CP/M-PLUS, Personal CP/M, Concurent CP/M, MP/M, MP/M-86 dan PC/NET

1980, MS-DOS

MS-DOS (MicroSoft-Disk Operating System) dibuat oleh Microsoft Corporation di Bellevue Washington. Sejak IBM memilih MS-DOS untuk diterapkan pada IBM PC kemudian diberi nama IBM PC-DOS. OS lain yang dikembangkan diantaranya XENIX yang sebenarnya adalah UNIX versi Microsoft.

1987, IBM OS/2

IBM OS/2 (International Business Machine Operating System/2) dibuat untuk mengatasi kekurangan dari MS-DOS dan IBM PC-DOS. OS ini dapat mengalamati memori diatas batas 640 Kilobyte. Selain itu dapat digunakan untuk network dengan dihubungkan pada beberapa host komputer.

Perkembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi
Perkembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi



1983, WINDOWS

Windows menerapkan Graphical User Interface (GUI) dalam pelaksanaannya yang pertama kali dikembangkan oleh Xerox tahun 1970 pada pusat pengembangan Palo Alto Research. Microsoft sebagai pemilik merek dagang Windows mulai mengembangkan program ini tahun 1983.
Versi pertama dari Windows (1.01) dirilis tahun 1985, lalu pada tahun 1987 merilis Windows versi 2, Windows 3.0, Windows 3.1 (1992), Windows 95 dan sebagainya.

1991, LINUX

Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX, hal ini dikarenakan kompatibilitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek Linux. Perkembangan Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC.
Pada awal perkembangannya, source code Linux disediakan secara bebas melalui Internet. Hasilnya, sejarah Linux merupakan kolaborasi banyak user dari seluruh dunia, semuanya dilakukan secara eksklusif melalui Internet. Dari kernel awal yang hanya mengimplementasikan subset kecil dari sistem UNIX, sistem Linux telah bertumbuh dimana sudah mampu memasukkan banyak fungsi UNIX.

         Merujuk pada materi BMP Modul 6 / EKMA4434, perangkat lunak dapat di klasifikasikan ke dalam dua bagian besar, yaitu perangkat lunak sistem (system software), Perangkat lunak sistem operasi (operating system), perangkat lunak sistem bantuan (utility), perangkat lunak bahasa (language software) dan perangkat lunak aplikasi (application software).
           


Sumber;