Kuliah Mandiri di Waktu Luang, Ya cuma di Universitas Terbuka

[POKJAR BATAM] TRIBUNNEWS.COM - Kuliah sambil bekerja kini bukan mimpi lagi, Universitas Terbuka (UT) memberi solusi bagi pekerja dan Anda semua lulusan SLTA yang berminat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan sistem belajar yang fleksibel.

Menuntut ilmu di UT sama dengan kuliah di universitas konvensional, hanya metode pembelajarannya yang berbeda. Apalagi, UT berstatus perguruan tinggi negeri dengan pengajar berkompeten.

Buat mereka yang saat ini sedang bekerja dan berminat melanjutkan ke jenjang kuliah program S1, atau melanjutkan ke jenjang lebih tinggi lagi ke program magister (S2) atau untuk menunjang karier, UT menerapkan sistem perkuliahan jarak jauh.
pokjar batam
pokjar batam

Proses belajar tidak dilakukan secara tatap muka, namun dengan berbasis multimedia baik media cetak (modul buku materi pokok, bahan ajar cetak) maupun non cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio dan televisi).

"Kalau basis online, dilakukan secara online. Mulai dari registrasi, belajarnya, bahan ajaranya, ujiannya, hampir semua bisa online," kata Rektor UniversitasTerbuka (UT) Tian Belawati di Jakarta.

Menurutnya, keuntungan belajar dengan berbasis online adalah mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk belajar. Mereka bisa belajar di mana saja asal lokasinya terkoneksi dengan internet.

Ia menjelaskan, tutorial online dilakukan secara interaktif antara tutor dan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Sedikitnya, satu tutor melayani mahasiswa sebanyak 60 orang. Mahasiswa dapat bertanya ke dosen menyangkut pelajaran yang kurang dimengerti.

Pilihan lain selain tutorial online, mahasiswa juga bisa mengikuti tutorial tatap muka dengan desain yang sudah dirancang UT.
"Kita tidak memaksa harus online atau tatap muka, itu semua pilihan mahasiswa. Ada yang suka secara online, ada juga yang suka tatap muka karena tidak ada akses internet atau ingin belajar sambil bertemu temannya kelompoknya," tuturnya.

Ia menambahkan, sistem pembelajaran online di UT sudah diterapkan. Saat ini sekitar 60 ribu dari 400 ribu mahasiswa menjalankan pembelajaran melalui online. "Pertama kali diterapkan itu baru lima ribu mahasiswa, sekarang sudah 60 ribuan," ucapnya.

Kendati demikian, Tian mengimbau mahasiswa untuk tetap memiliki: pertama, motivasi kuat dalam mengejar cita-cita, kedua, disiplin tinggi karena mahasiswa UT sendiri yang menentukan waktu belajar dan mata kuliahnya, ketiga, mahasiswa juga mesti berkomitmen menuntaskan kuliah dengan tuntas agar lulus sesuai target yang diharapkan.


"Kalau ketiga itu sudah dimiliki, tips tambahannya dia harus pandai membagi waktu. Karena ada yang kuliah sambil bekerja atau menyalurkan hobinya misalnya bermusik. Ini harus pintar pintar membagi waktu," tuturnya. (advertorial)

0 Komentar