Apa Bedanya IP (Indeks Prestasi) Dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) ?


Gak Banyak Mahasiswa lama maupun Mahasiswa Baru yang belum mengetahui apa itu IP dan IPK, tidak sedikit juga yang masih Bingung dengan pengertiannya. 

Sebenernya IP dan IPK tu bedanya apa sih? Kalo secara garis besarnya sih seperti dulu waktu sekolah kita liat nilai masing-masing pelajaran dan rata-ratanya. untuk lebih detailnya langsung aja kita bahas.


IP (Indeks Prestasi)

Jadi gini, IP itu didapat dari hasil belajar kita per-mata kuliah. Setiap mata kuliah akan memiliki nilai akhir yang dilambangkan dengan huruf, mulai A, B sampai D atau bahkan E. Masing-masing huruf memiliki nilai, misalnya 4 untuk A, 3 untuk B, dan seterusnya. Nantinya, nilai per mata kuliah itu akan dikalikan dengan jumlah SKS (Sistem Kredit Semester) mata kuliah tersebut. Lalu dijumlahkan untuk semua mata kuliah dalam satu semester.



IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

IPK itu Indeks Prestasi Kumulatif. Dari namanya, harusnya kamu udah tau kalo IPK itu rata-ratanya IP. IPK maba (mahasiswa baru) semester satu akan sama dengan IP nya. Karena, hanya satu IP yang akan dirata-ratakan.

Bagaimana cara mencari IPK? Mudah kok. Kamu harus mencari total mutu semua mata kuliah yang sudah kamu ambil. Lalu bagikan dengan total SKS semuanya, bukan hanya satu semester tapi semua semester yang sudah kamu tempuh.






0 Komentar